Thursday 8 December 2011

INDIAN OCEAN RIM ASSOCIATION FOR REGIONAL COOPERATION


Latar belakang

Indian Ocean Rim Association for Regional Cooperation (IOR-ARC) adalah satu-satunya organisasi regional yang menggandeng negara-negara di sepanjang wilayah Samudera Hindia. Organisasi ini digerakkan oleh tiga pilar yaitu akademisi, bisnis dan pemerintah. IOR-ARC merupakan organisasi yang keanggotaannya terdiri dari negara-negara yang berbatasan dengan laut India. Organisasi ini dideklarasikan di Mauritius pada bulan Maret 1997.

Indonesia menjadi anggota IOR-ARC bersama dengan 17 negara lainnya, yaitu Australia, Bangladesh, India, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambique, Oman, Singapura, Afrika Selatan, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, Uni Emirat Arab dan Yaman. Mitra wicara IOR-ARC terdiri atas Cina, Mesir, Perancis, Jepang, dan Inggris, sedangkan Indian Ocean Tourism Organisation memiliki status peninjau.

IOR-ARC bertujuan untuk memfasilitasi perdagangan dan investasi dalam kawasan. Kerjasama dalam kerangka ini dikembangkan dalam tiga jalur utama yaitu:
a.    Akademisi melalui forum IOR-Academic Group (IORAG),
b.    Pengusaha melalui IOR-Business Forum (IOR-BF) dan
c.    Jalur kegiatan perdagangan dan investasi melalui Working Group on Trade and Investment (WGTI).

Setiap kelompok kerja itu memiliki perwakilan bisnis dan akademisi yang memastikan bahwa berbagai titik perbedaan pandangan dan kepentingan tercermin sepenuhnya dalam program kerja organisasi IOR-ARC. Mekanisme kelembagaan kerjasama dilakukan melalui pertemuan Council of Ministers (COM) dan Committee of Senior Officials (CSO). Pertemuan COM dan CSO dilangsungkan setahun sekali.

Peranan Indonesia dalam IOR-ARC

Indonesia merupakan anggota IORARC yang cukup aktif. Sejak pertemuan Council Of Ministers (COM) ke-8, Mei 2008 di Teheran, Indonesia terlibat secara langsung dalam beberapa proyek IOR-ARC, antara lain mengusulkan penyelenggaraan Training on Micro-Finance, penawaran Program Beasiswa Kerjasama Negara Berkembang dan Program Dharmasiswa untuk program Non-Gelar. Selain itu, Indonesia juga berkesempatan untuk melakukan sharing of knowledge terkait strategic actions Indonesia dalam menangani flu burung di tanah air.

Selama tahun 2010 Indonesia telah berpartisipasi dalam beberapa kegiatan di kerangka kerjasama IOR-ARC yaitu:
-          Iran Biotech 2010, 13-15 April 2010, di Iran, Indonesia diwakili oleh Singgih Wibowo dari B2R2KP , Kementerian Kelautan dan Perikanan.
-          Specialized Training Course for Foreign Diplomats for IOR-ARC Member States, 28 April - 11 May 2010
-          Regional Experts Meeting on Herbal Medicine Processing IOR-ARC, Tehran, 19-21 Mei 2010, Indonesia diwakili oleh wakil dari PT. Martina Berto. Sebagai tindak lanjut pertemuan tersebut akan dibentuk Indian Ocean Rim Traditional Medicine Network (IORTMNET) dan India telah bersedia untuk menjadi tuan rumah pertemuan yang sama pada tahun 2012.

Selain itu Indonesia juga terlibat aktif dalam beberapa Sub Committee yang membahas isu-isu khusus antara lain :
-          Anggota Governing Committee untuk Special  Fund  sejak tahun 2008-2010
-          Anggota Sub Committee untuk pembahasan restrukturisasi Indian Ocean Rim Academic Group (IORAG) yang digagas oleh Oman
-          Anggota Sub Committee untuk pembahasan amandemen statuta University Mobility in Indian Ocean Region (UMIOR)  
Hasil  Pertemuan COM IOR-ARC ke-10 tahun 2010 dan perkembangan pasca COM ke-10 

1.     Experts Meeting Maritime Transport Council IOR-ARC, Durban, 27-28 Mei 2010, telah menghasilkan final draft proposal pembentukan MTC yang diadopsi pada pertemuan COM ke-10 di Sana’a, Agustus 2010.

2.     Pertemuan Tingkat Menteri IOR-ARC pada tahun 2010 dilaksanakan di Sana’a, 31 Juli – 5 Agustus 2010. Dalam pertemuan tersebut telah diadopsi revisi charter IOR-ARC 1997 beserta 3 (tiga) aturan tambahan lainnya. Selain itu juga diadopsi final draft proposal pembentukan Maritime Transport Council dan Fisheries Support Unit.

3.     Dalam Pertemuan COM ke-10 di Sana’a, 5 Agustus 2010 juga disepakati untuk membentuk 2 (dua) sub komite yang akan membahas mengenai revitalisasi program kerja IORAG serta amandemen dari statuta University Mobility in Indian Ocean Region (UMIOR), salah satu lembaga subside IOR-ARC dibawah IORAG. 

4.     Australia telah menyelenggarakan Bi-Annual meeting of Committee of Senior Officials (CSO) yang pertama pada tanggal 30-31 Maret 2011. Pertemuan membahas prioritas bidang kerjasama, Administratif Arranggement untuk Special fund, mengamandemen dan menyetujui rekomendasi dari pertemuan Sub Committee on Restructuring and Improving of IORAG.

Agenda Kegiatan tahun 2011    

1.     Dalam Bi-Annual meeting of Committee of Senior Officials di Canberra, 30-31 Maret 2011, India telah menyampaikan waktu pelaksanaan rangkaian pertemuan IOR-ARC 2011 di New Delhi adalah 8-13 September 2011.

2.     Regional Centre for Science and Technology Transfer (RCSTT) sebagai lembaga subsider IOR-ARC dalam tahun 2011 menyelengarakan beberapa kegiatan antara lain :
-          Specialised Workshop on Trade in Services and Dispute Settlement Services  di Tehran, Januari 2011
-          Third Fajr Exhibition di Tehran, Maret 2011
-          ICT and Community E-Centres Development For Poverty Reduction and Business Services Promotion Among the OIC countries and IOR-ARC Region di Tehran, 14-16 Maret 2011 

3.     Fisheries Support Unit yang berkedudukan di  Oman telah menyelenggarakan Workshop on  Biology and Fisheries Stock Assesment pada tanggal 16-19 Januari 2011.

4.     Rencana penyelenggaraan IOR-ARC COM ke-11 adalah di India pada bulan September 2011.

0 comments:

Post a Comment