Monday 28 November 2011

International Court of Justice

International Court of Justice, Hague, Netherlands
Mahkamah Internasional (ICJ) adalah organ yudisial utama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Badan ini didirikan pada bulan Juni 1945 berdasarkan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan mulai bekerja pada bulan April 1946.

Markas Pusat Mahkamah Internasional adalah di Istana Perdamaian di Den Haag (Belanda). Dari enam organ utama PBB, ICJ adalah satu-satunya badan PBB yang tidak terletak di New York (Amerika Serikat).
 

Peran Pengadilan adalah untuk menyelesaikan perkara internasional, sesuai dengan hukum internasional, sengketa hukum yang disampaikan kepadanya oleh Negara dan untuk memberikan pendapat penasihat pada pertanyaan hukum sebagaimana dimaksud dengan berwenang Bangsa-Bangsa dan badan-badan organ khusus.

Pengadilan ini terdiri dari 15 hakim, yang dipilih untuk masa jabatan sembilan tahun oleh Majelis Umum PBB dan Dewan Keamanan. Hal ini dibantu oleh Registry, organ administrasi. Bahasa resmi adalah bahasa Inggris dan Perancis.
Top of Form
Pembentukan Pengadilan mewakili puncak dari pembangunan jangka metode untuk penyelesaian sengketa internasional pasifik, asal-usul yang dapat ditelusuri kembali ke zaman klasik.

Pasal 33 Piagam PBB daftar metode berikut untuk penyelesaian sengketa pasifik antara Negara: negosiasi, penyelidikan, mediasi, konsiliasi, arbitrase, penyelesaian hukum, dan resor untuk lembaga regional atau pengaturan; kantor yang baik juga harus ditambahkan ke daftar ini . Diantara metode ini, yakin melibatkan menarik bagi pihak ketiga. Misalnya, tempat mediasi para pihak dalam suatu sengketa dalam posisi di mana mereka dapat sendiri menyelesaikan perselisihan mereka berkat intervensi dari pihak ketiga. Arbitrase melangkah lebih jauh, dalam arti bahwa sengketa tersebut diajukan untuk keputusan atau penghargaan dari pihak ketiga yang netral, sehingga penyelesaian yang mengikat dapat dicapai. Hal yang sama berlaku penyelesaian peradilan (metode diterapkan oleh International Court of Justice), kecuali bahwa pengadilan tunduk pada aturan ketat dari pengadilan arbitrase, terutama dalam hal-hal prosedural.

Mediasi dan arbitrase didahului penyelesaian peradilan dalam sejarah. Yang pertama dikenal di India kuno dan di dunia Islam, sementara banyak contoh yang terakhir dapat ditemukan di Yunani kuno, di Cina, di antara suku-suku Arab, dalam hukum adat maritim di Eropa abad pertengahan dan dalam praktek Kepausan.

Pecahnya perang pada September 1939 pasti memiliki konsekuensi serius bagi PCIJ, yang sudah dikenal selama beberapa tahun periode kegiatan berkurang. Setelah publik terakhir yang duduk pada tanggal 4 Desember 1939, Mahkamah Keadilan Internasional Tetap tidak sebenarnya dalam kesepakatan dengan bisnis peradilan dan tidak ada pemilihan lebih lanjut dari hakim ditahan. Pada tahun 1940 Pengadilan dipindahkan ke Jenewa, hakim tunggal yang tersisa di Den Haag, bersama dengan beberapa pejabat Registry kebangsaan Belanda. Tidak bisa dihindari bahwa bahkan di bawah tekanan perang beberapa pemikiran harus diberikan untuk masa depan Pengadilan, serta penciptaan tatanan internasional baru politik.

Pada tahun 1942 Amerika Serikat Sekretaris Negara dan Sekretaris Luar Negeri Inggris menyatakan diri mendukung pendirian atau re-pembentukan pengadilan internasional setelah perang, dan Komite Antar-Amerika Yuridis merekomendasikan perpanjangan yurisdiksi PCIJ itu. Awal tahun 1943, Pemerintah Inggris mengambil inisiatif mengundang sejumlah pakar ke London untuk membentuk Komite Antar-Sekutu informal untuk memeriksa masalah tersebut. Komite ini, di bawah pimpinan Sir William Malkin (United Kingdom), yang diselenggarakan 19 pertemuan, yang dihadiri oleh ahli hukum dari 11 negara. Dalam laporannya, yang diterbitkan pada 10 Februari 1944, itu direkomendasikan:

    
- bahwa Statuta pengadilan internasional yang baru harus didasarkan pada Pengadilan Tetap 
       Internasional Keadilan;
    
- bahwa yurisdiksi penasehat harus dipertahankan dalam kasus Pengadilan baru;
    
- bahwa penerimaan yurisdiksi Pengadilan baru tidak harus wajib;
    
- bahwa Pengadilan seharusnya tidak memiliki yurisdiksi untuk menangani masalah yang pada
       dasarnya politik.

Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh Anggota Pengadilan setiap tiga tahun secara rahasia. Pemilu ini diadakan pada tanggal Anggota Pengadilan dipilih pada pemilihan tiga tahunan adalah untuk memulai istilah mereka dari kantor atau segera sesudahnya. Sebuah mayoritas mutlak diperlukan dan tidak ada kondisi yang berkaitan dengan kewarganegaraan. Presiden dan Wakil Presiden dapat dipilih kembali.
Presiden memimpin semua rapat di Pengadilan, ia / dia mengarahkan pekerjaan dan mengawasi administrasi, dengan bantuan dari Panitia Anggaran dan Administrasi dan berbagai komite lainnya, semua terdiri dari Anggota Pengadilan. Selama pembahasan peradilan, Presiden memiliki hak suara dalam hal terjadi suara yang sama dibagi.
Di Den Haag, di mana ia / dia berkewajiban untuk tinggal, Presiden Pengadilan didahulukan atas sesepuh korps diplomatik.
Presiden menerima tunjangan tambahan khusus dari 15.000 dolar per tahun, di samping gaji tahunan / nya.
Wakil Presiden menggantikan Presiden di / nya ketidakhadirannya, dalam hal nya / ketidakmampuannya untuk latihan / tugasnya, atau dalam hal terjadi kekosongan di kursi kepresidenan. Untuk tujuan ini ia / ia menerima uang saku harian. Dengan tidak adanya Wakil Presiden, peran ini devolves pada hakim senior.
Pada 6 Februari 2009 Pengadilan Hakim terpilih Hisashi Owada (Jepang) untuk menjadi Presiden dan Hakim Peter Tomka (Slowakia) menjadi Wakil Presiden.
Para hakim berikut ini menjabat sebagai Presiden atau Wakil Presiden sebelum pemegang sekarang kantor-kantor:

    
1946-1949 Guerrero dan Basdevant
    
1949-1952 Basdevant dan Guerrero Sir Arnold 

    1952-1955 McNair dan Guerrero
    
1955-1958 Hackworth dan Badawi
    
1958-1961 Klaestad dan Sir Muhammad Khan Zafrulla
    
1961-1964 Winiarski dan Alfaro
    
1964-1967 Sir Percy dan Wellington Koo Spender Bustamante y Rivero 

    1967-1970 dan Koretsky
    
1970-1973 Sir Muhammad Zafrulla Khan dan Ammoun
    
1973-1976 Lachs dan Ammoun
    
1976-1979 Jiménez de Aréchaga dan Nagendra Singh
    
1979-1982 Sir Humphrey Waldock dan Elias (Sir Humphrey Waldock meninggal pada 15 Agustus 

    1981 Fungsi Kepresidenan itu selanjutnya dilakukan oleh Hakim Elias sebagai Penjabat Presiden,
             berdasarkan Pasal 13 dan 14 tahun 1978 Aturan Pengadilan..)
    
1982-1985 Elias dan Sette-Camara
    
1985-1988 Nagendra Singh dan Ladreit de Lacharrière (Hakim Ladreit de Lacharrière meninggal pada 10 Maret 1987 Pada tanggal 6 Mei 1987 Pengadilan Hakim terpilih menjadi yang Mbaye Wakil Presiden untuk sisa masa jabatan pendahulunya..)
    
J. 1988-1991 M. Ruda dan Mbaye
    
1991-1994 Sir Robert Jennings dan Oda
    
1994-1997 Bedjaoui dan Schwebel
    
1997-2000 Schwebel dan Weeramantry
    
2000-2003 Guillaume dan Shi
    
2003-2006 Shi dan Ranjeva
    
2006-2009 Higgins dan Al-Khasawneh


0 comments:

Post a Comment