Tuesday 29 November 2011

Association of Southeast Asian Nations

ASEAN
PEMBENTUKAN; 

Asosiasi Bangsa Bangsa Asia Tenggara, atau ASEAN, didirikan pada tanggal 8 Agustus1967 di Bangkok, Thailand, dengan penandatanganan Deklarasi ASEAN (BangkokDeclaration) oleh Bapak Pendiri ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapuradan Thailand.

Brunei Darussalam kemudian bergabung pada tanggal 7 Januari 1984, Vietnam pada tanggal 28 Juli 1995, Laos dan Myanmar pada tanggal 23 Juli 1997, dan Kamboja pada tanggal 30 April 1999, yang membentuk apa yang hari ini Negara-Negara Anggota ASEANsepuluh.


                                                         TUJUAN DAN TUJUAN

Sebagaimana tercantum dalam Deklarasi ASEAN, maksud dan tujuan ASEAN adalah:
  1. Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan budayadi daerah melalui upaya bersama dalam semangat kesetaraan dan kemitraan dalam rangka untuk memperkuat dasar bagi masyarakat sejahtera dan damai Bangsa Bangsa Asia Tenggara;
  2. Untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional dengan menghormati keadilan dan supremasi hukum dalam hubungan antara negara-negara kawasan dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip Piagam PBB;
  3. Untuk mempromosikan kerjasama aktif dan saling membantu dalam masalah-masalahkepentingan bersama dalam, bidang ekonomi, sosial, budaya, teknis ilmiah danadministratif;
  4. Untuk memberikan bantuan satu sama lain dalam bentuk fasilitas pelatihan dan penelitiandalam, pendidikan profesional, bidang teknis dan administratif;
  5. Untuk berkolaborasi dengan lebih efektif untuk pemanfaatan lebih besar dari pertaniandan industri, perluasan perdagangan mereka, termasuk studi tentang masalahperdagangan komoditas internasional, perbaikan sarana transportasi dan komunikasidan peningkatan standar hidup rakyat mereka;
  6. Untuk mempromosikan studi Asia Tenggara, dan
  7. Untuk mempertahankan kerjasama yang erat dan menguntungkan dengan organisasi internasional dan regional yang ada dengan tujuan yang sama dan tujuan, dan menjelajahisemua jalan untuk kerjasama lebih dekat di antara mereka sendiri.
                                                               PRINSIP DASAR

Dalam hubungan mereka satu sama lain, Negara-negara Anggota ASEAN telah mengadopsi prinsip-prinsip dasar berikut, sebagaimana tercantum dalam Traktat Persahabatan dan Kerjasama di Asia Tenggara (TAC) tahun 1976:

Saling menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesetaraan, integritas teritorial, dan identitas nasional semua bangsa;
Hak setiap negara untuk memimpin eksistensi nasionalnya bebas dari campur tangan eksternal, subversi atau pemaksaan;
Non-campur tangan dalam urusan internal satu sama lain;
Penyelesaian perbedaan atau perselisihan dengan cara damai;
Mencegah ancaman atau penggunaan kekuatan, dan
Efektif kerjasama di antara mereka sendiri.

                                                          KOMUNITAS ASEAN

Visi ASEAN 2020, yang diadopsi oleh para pemimpin ASEAN pada 30th Anniversary ASEAN, menyepakati visi bersama ASEAN sebagai konser bangsa-bangsa Asia Tenggara, outward looking, hidup dalam perdamaian, stabilitas dan kemakmuran, terikat bersama-sama dalam kemitraan dalam pembangunan yang dinamis dan dalam sebuah komunitas masyarakat yang peduli.

Pada KTT ASEAN ke-9 pada tahun 2003, para pemimpin ASEAN memutuskan bahwa suatu Komunitas ASEAN harus ditetapkan.

Pada KTT ASEAN ke-12 pada Januari 2007, Pemimpin menegaskan komitmen mereka yang kuat untuk mempercepat pembentukan Komunitas ASEAN pada tahun 2015 dan menandatangani Deklarasi Cebu tentang Percepatan Pembentukan Komunitas ASEAN pada 2015.

Komunitas ASEAN terdiri dari tiga pilar, yaitu ASEAN Political-Security Community, ASEAN Economic Community dan ASEAN Socio-Cultural Community. Masing-masing memiliki pilar Blueprint sendiri, dan, bersama-sama dengan Initiative for ASEAN Integration (IAI) Kerangka Strategis dan Rencana Kerja IAI Tahap II (2009-2015), mereka membentuk Roadmap untuk dan Komunitas ASEAN 2009-2015.ASEAN MEMBER STATES ASEAN CHARTER
Piagam ASEAN berfungsi sebagai dasar yang kuat dalam mencapai Komunitas ASEAN dengan memberikan status hukum dan kerangka kelembagaan bagi ASEAN. Hal ini juga codifies norma ASEAN, aturan dan nilai-nilai; menetapkan target yang jelas untuk ASEAN; dan menyajikan akuntabilitas dan kepatuhan.

Piagam ASEAN mulai berlaku pada tanggal 15 Desember 2008. Sebuah pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN diselenggarakan di Sekretariat ASEAN di Jakarta untuk menandai kesempatan yang sangat bersejarah bagi ASEAN.

Dengan berlakunya Piagam ASEAN, ASEAN selanjutnya akan beroperasi di bawah kerangka hukum baru dan mendirikan sejumlah organ baru untuk meningkatkan pembangunan masyarakat proses.

Akibatnya, Piagam ASEAN telah menjadi kesepakatan yang mengikat secara hukum di antara 10 negara anggota ASEAN.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Negara-Negara yang telah menjadi anggota ASEAN bisa di baca disini
Cari tahu lebih lanjut tentang Piagam ASEAN di sini.

0 comments:

Post a Comment